Evaluasi Kinerja Sistem Drainase Perkotaan di Wilayah Purwokerto

  1. Home
  2. Articles
Muhamad Arifin

Evaluasi Kinerja Sistem Drainase Perkotaan di Wilayah Purwokerto

Abstrak:

Kondisi drainase yang ada di berbagai kota di Indonesia secara umum banyak menghadapi berbagai masalah. Sebagai indikator dari permasalahan drainase antara lain adalah berupa banjir/ genangan  baik  yang  bersifat  lokal  (setempat)  atau  yang  bersifat  lebih  luas.    Hal  tersebut  dapat  menimbulkan berbagai permasalahan di lingkungan permukiman, sarana prasarana transportasi dan prasarana  publik  yang  lain  sehingga  dapat  menyebabkan  kerugian  ekonomi  yang  cukup  besar.   Permasalahan drainase untuk wilayah Kota Purwokerto saat ini menghadapi problema yang cukup serius seperti daerah lain di Indonesia. Pada beberapa lokasi sering terjadi banjir/ genangan pada saat musim penghujan yang disebabkan adanya gangguan pada saluran drainase.

Evaluasi kinerja sistem drainase dilakukan dengan membandingkan debit yang masuk dan kapasitas tampang saluran. Dalam analisis ini debit rencana diperoleh dengan menggunakan analisis hidrologi debit banjir kala ulang 10 tahunan untuk saluran sub makro sedang untuk saluran drainase mikro menggunakan  debit  banjir  kala  ulang  5  tahunan.  Analisis  hidrolika  kapasitas  tampang  saluran  dengan  menggunakan  persamaan  Manning.  Lokasi  dalam  penelitian  ini  meliputi  Kali  Caban,  Kali  Wadas, Kali Beser, Kali Putih, dan Kali Putat.

Dari analisis dan pembahasan diperoleh hasil bahwa kapasitas saluran drainase sub makro di lima lokasi tersebut tidak memenuhi terhadap debit rencana dengan kala ulang 10 tahunan. Hal tersebut disebabkan oleh penyempitan saluran akibat sedimentasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan normalisasi saluran di masing-masing lokasi yaitu untuk saluran Kali Caban, Kali Wadas, Kali  Beser,  Kali  Putih,  dan  Kali  Putat,    sedangkan  untuk  saluran  mikro,  terdapat  lima  lokasi  yang  kapasitasnya  sudah  tidak  memenuhi,  yaitu  Saluran  Baturaden  1,  Dr.  Angka  3,  Dr.  Angka  4,  Gatotsubroto 3, dan Gatotsubroto 4, sehingga perlu pelebaran saluran.

 

Kata Kunci : evaluasi, drainase, debit rencana, kapasitas saluran