Hizbul Wathan Bagi Pendidikan Kemandirian Tingkat Sekolah Dasar (Artikel)

  1. Home
  2. Articles
Wiranthi Prastomo; Muhiyatul Huliyah; M. Nasrudin; Intan Kusumawati; Ahmad Nasir Ari Bowo

Hizbul Wathan Bagi Pendidikan Kemandirian Tingkat Sekolah Dasar (Artikel)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan kemandirian melalui kegiatan HW tingkat athfal di salah satu SD Muhammadiyah di Yogyakarta. Dalam Penanaman karakter mandiri tentu khas dari Pramuka apabila merujuk  bahwa keduanya memiliki perbedaan dan persamaan dalam kepanduan. Relasi Pembina dan perserta siaga ibarat relasi pendidik dan peserta didik yang merujuk pada Quran sebagai pedoman pokok Islam sebagai fokus utama dalam HW. Penelitian lapangan berparadigma kualitatif ini dengan cara mengamati secara langsung pelaksanaan ekstrakurikuler HW tingkat Athfal di Sekolah Dasar Muhammadiyah Serut kabupaten Bantul. Dengan materi dan metode pelaksanaan kegiatan yang ada Pendidikan kemandirian dalam kegiatan Ekstrakurikuler Hizbul Wathan di SD
Muhammadiyah Serut telah selaras dengan UU No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional bahwa fungsi pendidikan untuk mengembangkan kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan peserta didik, masyarakat, bangsa dan negara.

Kata kunci: pendidikan kemandirian, Hizbul Wathan (HW), ekstrakurikuler, sekolah dasar