Model Perencanaan Pembelajaran PPKn Berbasis Literasi (Artikel)

  1. Home
  2. Articles
Heri Kurnia; Ahmad Nasir Ari Bowo; Nuryati

Model Perencanaan Pembelajaran PPKn Berbasis Literasi (Artikel)

Abstrak
Kendala yang dialami dalam proses pembelajaran PPKn selama ini, yaitu kurang maksimalnya pembuatan RPP, pembelajaran mengutamakan aspek kognitif, kompetensi guru rendah, dan proses pembelajaran monoton. Permasalahan tersebut berdampak pada kurang berhasilnya tujuan pembelajaran PPKn dan budaya literasi rendah. Keberhasilan implementasi proses pembelajaran PPKn dipengaruhi dari proses perencanaan pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah menemukan model perencanaan pembelajaran PPKn berbasis literasi yang mampu mewujudkan tujuan pembelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan metode atau pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Tempat penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Sewon dan SMK Negeri 1 Bantul Yogyakarta. Teknik dan instrumen penelitian ini antara lain wawancara, dokumentasi dan observasi. Prosedur pengumpulan datanya menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber data. Teknik analisis datanya yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat d ketahui bahwa model perencanaan pembelajaran PPKn berbasis literasi: (1) Kebijakan sekolah tentang pentingnya budaya literasi. (2) Dukungan dan keterlibatan dari pihak luar sekolah. (3) Penyusunan rencana pembelajaran PPKn oleh tim Guru PPKn sekolah dan MGMP tingkat Kabupaten meliputi prota, promes, silabus dan RPP. Literasi yang dikembangkan meliputi literasi digital, baca, tulis, sains dan budaya.

Kata kunci: model perencanaan pembelajaran, PPKn, literasi