JUSTIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

  1. Home
  2. Articles
Yenny Anggreini Sarumaha

JUSTIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

ABSTRAK
Justifikasi adalah inti dalam pembelajaran matematika. Justifikasi membentuk penalaran matematis siswa dengan lebih baik. Hal ini dikarenakan dalam proses justifikasi, siswa tidak hanya diminta menjelaskan jawaban yang mereka peroleh dari penyelesaian sebuah masalah matematika, lebih dari pada itu, siswa diminta menjelaskan mengapa solusi tersebut bisa mereka gunakan dan jawaban yang dihasilkan adalah benar. Meskipun tujuan justifikasi dalam komunitas matematika telah banyak diteliti, hanya sedikit informasi yang diperoleh tentang peranannya dalam kelas matematika. Tulisan ini merupakan kajian ilmiah yang dilakukan penulis merujuk pada hasil penelitian yang telah dilakukan tentang justifikasi dalam pembelajaran matematika di sekolah. Tujuannya penulisan dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu mengetahui peranan justifikasi dalam pembelajaran matematika, mengetahui cara yang dapat digunakan guru untuk mendorong siswa membuat justifikasi, dan mengetahui cara yang digunakan guru dalam menilai justifikasi yang dilakukan siswa.

ABSTRACT
Justification is a core in leaning mathematics. Justification builds up students’ reasoning with a better way. It happens because in justifying, students are not only asked to explain their answer from solving mathematics problems, moreover, students are asked to explain whay those solution can be used and their answer is right. Albeit the purpose of justification in mathematics community has been studied, only little information can be gained about how its role in learning mathematics. This writing is an academic writing that being done by the writer based on the results of some research which implementing justification in learning process. The purposes of this writing divided into three parts, namely to know the role of justification in learning mathematics, to know the way that can be used by the teacher to support students to justify, and to know the way that can be used by the teacher in assess justification by the students.