PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN PKN PADA SISWA KELAS V SDN SAWAH III GIRISEKAR KECAMATAN PANGGANG KABUPATEN GUNUNG KIDUL

  1. Home
  2. Articles
Nuryati

PENGGUNAAN ALAT PERAGA DALAM PEMBELAJARAN PKN PADA SISWA KELAS V SDN SAWAH III GIRISEKAR KECAMATAN PANGGANG KABUPATEN GUNUNG KIDUL

Astrak

Bidang studi PKn Sekolah Dasar adalah bidanga studi yang penyajian materinya harus
diupayakan dengan menggunakan alat peraga. Hal ini sebagai upaya memberikan kesan realistis
terhadap siswa dan sekaligus bertujuan untuk menghilangkan kesan verbalisme dalam
pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar PKn pada siswa kelas
V SDN Sawah III Grisekar Panggang sebelum dan sesudah diadakan tindakan dengan
menggunakan alat peraga. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan
Kelas. Sumber data utama penelitian adalah siswa kelas V SDN Sawah III Girisekar Panggang
Tahun Ajaran 2011/2012. Sebanyak 26 orang siswa. Data dikumpulkan dengan jalan tes.
Analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik.
Hasil belajar PKn siswa kelas V di SDN Sawah III Girisekar Kecamatan Panggang,
terutama pada aspek kognitif (kemampuan menguasai konsep), sebelum diadakan tindakan
hanya 19% yang menguasai konsep. Sesudah diadakan tindakan dengan menggunakan alat
peraga pembelajaran, terjadi peningkatan menjadi 61% siswa yang menguasai onsep PKn,
khususnya mengenai pokok bahasan tanggung jawab. Sikap bertanggungjawab siswa kelas V
SDN Sawah III Girisekar Panggang sebelum dilakukan tindakan hanya 11% siswa yang berani
bertanya di dalam kelas. Dan sesudah diadakan tindakan pembelajaran dengan alat peraga, maka
kemampuan bertanya siswa meningkat menjadi 53% mereka kritis terhadap materi pelajaran
yang diajarkan oleh gurunya di kelas. Sebelum diadakan tindakan pembelajaran di kelas dengan
alat peraga, kemampuan menggambarkan perilaku bertanggungjawab siswa kelas V SDN Sawah
III Girisekar Panggang hanya 46% yang bisa menggambarkan, dan sesudah diadakan tindakan
pembelajaran menggunakan alat peraga meningkat menjadi 84% siswa mampu menggambarkan
bentuk perilaku bertanggungjawab.
Kata Kunci: Pembelajaran PKn, Alat Peraga, Kelas V SDn Sawah III Girisekar Panggang,
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Kata Kunci: Alat Peraga, Pembelajaran PKn, Penelitian Tindakan Kelas.