PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PPKn QUANTUM TEACHING BERBASIS LINGKUNGAN MELALUI COOPERATIVE LEARNING DI SMA NEGERI KOTA YOGYAKARTA

  1. Home
  2. Articles
Nuryati

PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PPKn QUANTUM TEACHING BERBASIS LINGKUNGAN MELALUI COOPERATIVE LEARNING DI SMA NEGERI KOTA YOGYAKARTA

Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah banyaknya guru dalam melaksanakan pembelajaran,
kurang memaksimalkan model, dan sumber belajar. Maka tujuan pendidikan tidak tercapai.
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman konsep dan prestasi akademik melalui
pengembangan model pembelajaran PPKn quantum teaching berbasis lingkungan di SMA
Negeri Yogyakarta. Jenis penelitian adalah research and development eksperimen. Subjek
ujicoba adalah kelas XI sebanyak 6 kelas.
Langkah-langkah model meliputi a) pendahuluan, b) penyajian materi, c) mengajukan,
membandingkan dan menjelaskan analogi, d) pengujian analogi tim, e) test individu, f)
perayaan, g) penutup. Dapat diketahui bahwa, terdapat peningkatan pemahaman konsep dan
prestasi akademik melalui implementasi model pembelajaran PPKn quantum teaching berbasis
lingkungan melalui cooperative learning.
Keyword: PPKn Quantum Teaching, Berbasis Lingkungan, Cooperative learning,
perubahan perilaku