EVALUASI TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA POLITEKNIK JAMBI DALAM PROSES BELAJAR MENGA.JAR

  1. Home
  2. Articles
Okka Raisa Lestari dan Arisman

EVALUASI TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA POLITEKNIK JAMBI DALAM PROSES BELAJAR MENGA.JAR

Peningkatan sumber daya manusia tidak terlepas dari kemajuan pendidikan. Dalam dunia pendidikan, pelanggan atau pemakai jasa pendidikan terdiri dari berbagai pihak, di antaranya mahasiswa, orang tua mahasiswa, dan perusahaan pemakai lulusan dari suatu institusi pendidikan. Mahasiswa merupakan pelanggan langsung dari suatu sistem proses belaiar mergajar karena mahasiswa merupakan pihak yang mengikuti proses tersebut dalam suatu institusi pendidikan. Keselarasan harapan antara pendidik dengan peserta didik penting untuk diwujudkan demi terciptanya kepuasan di antiara kedua belah pihak. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa Politeknik Jambi terhadap proses belaiar mengajar. Penelitan ini menggunakan 147 sampel mahasisrrua. Pengujian reliabilitas dan validitas menggunakan perangkat lunak SMART PLS versi 2.0. Hasil penilaian tingkat kepuasan dengan menggunakan metode customer satisfaction index (csi) untuk seluruh atribut jasa didapat sebesar 78,12%  Hal ini menandakan mahasiswa memperoleh kepuasan dalam proses belajar mengajar di Politeknik Jambi yang terdiri dari afibut jasa bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Hasil inijuga menunjukkan bahwa Politeknik Jambi merupakan kampus yang memberikan pelayanan terbaik sehingga proses dan hasil belaiar mengaiar menjadi selaras.